Jumat, 28 Maret 2014

VO2Max Timnas U-19 Meningkat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelatih timnas U-19, Indra Sjafri, menjabarkan kondisi timnya saat ini selama masa persiapan Piala Asia U-19 Oktober mendatang. Menurut Indra, VO2Max para pemainnya menunjukkan peningkatan.

"Vo2Max 33 pemain kami naik lima angka. Vo2max bukan satu-satunya ukuran, ada hal-hal lain yang mempenggaruhi kondisi fisik, tapi itu jadi pondasi dasar bagi atlet," ujar Indra ditemui Tribunnews.com di kantor PSSI, Jumat (28/3/2014).

Indra menjelaskan pemain dengan VO2Max tertinggi adalah Evan Dimas dengan poin 62,7. VO2Max terendah adalah dua pemain yang baru bergabung, Martinus Novianto dan Muhammad Zamzani, di bawah 55. Selain keduanya, rata-rata setiap individu mencapai 55. Secara keseluruhan rata-rata 58.

VO2Max adalah volume maksimal okseigen yang diproses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif. Volume O2 max ini adalah suatu tingkatan kemampuan tubuh yang dinyatakan dalam liter per menit atau mililiter/menit per kilogram berat badan.

Perlu ketahui juga faal dari tubuh manusia. Setiap sel membutuhkan oksigen untuk mengubah energi makanan menjadi ATP (Adenosine Triphosphate) yang siap pakai untuk kerja tiap sel yang paling sedikit mengkonsumsi oksigen adalah otot dalam keadaan istrahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar