Jumat, 28 Maret 2014

Evaluasi Indra Sjafri untuk Timnas U-19






REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Penyelesaian akhir tim nasional U-19 masih jauh dari ideal. Ini diungkapkan pelatih Indra Sjafri sebagai salah satu evaluasi hasil Tur Nusantara I yang baru usai kepada wartawan di Jakarta, Jumat (28/3).

"Dari 13 pertandingan, kami menghasilkan banyak peluang yakni 217. Tapi hanya 20 gol yang tercipta," kata Indra. Artinya, kemampuan para pemain timnas mengonversi peluang menjadi gol rata-rata ada di kisaran 10 persen. Angka ini masih jauh dari harapan tim pelatih.

Indra membandingkan dengan calon lawan di Piala Asia U-19 2014 di Myanmar nanti yaitu tim Jepang U-19. Jepang berhasil menggelontorkan tujuh gol ke gawang Vietnam, tim yang dikalahkan timnas U-19 di Piala AFF tahun lalu, dari 10 peluang yang tercipta.

"Terlepas dari kemungkinan kesalahan taktik dari Vietnam, persentase mengonversi peluang menjadi gol di angka 70 persen itu sangat bagus. Kita berharap bisa efektif seperti itu," ujar dia.

Indra berjanji akan terus memperbaiki ketajaman timnya lewat Tur Timur Tengah dan Tur Nusantara II mendatang. Pelatih berdarah Minang ini meminta masyarakat sabar. Ia mengibaratkan timnya sebagai sebuah rumah yang baru dipasang tiangnya, belum sepenuhnya selesai untuk ditinggali.

"Target kita di Piala Asia nanti. Di situlah puncak penampilan anak-anak. Jadi masyarakat mohon sabar dan tak lagi bertanya-tanya, kenapa timnas U-19 bermain tidak seperti di Piala AFF lalu," kata Indra.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar