Senin, 24 Maret 2014

Timnas U19 Capai Standar Piala Dunia


INILAHCOM, Jakarta - Usai melakoni 13 kali laga ujicoba Tur Nusantara, pelatih timnas Indonesia U-19 Indra Sjafrie cukup puas dengan peningkatan yang dicapai anak asuhnya. Meski begitu, ia belum mau merilis hasil evaluasi secara terperinci.

Timnas Garuda Jaya meraih sembilan kemenangan serta empat hasil imbang dalam rangkaian ujicoba Tur Nusantara di Pulau Jawa dan Kalimantan. Tak hanya hasil akhir pertandingan yang membuat pelatih puas. Ia juga memuji perkembangan yang signifikan para pemainnya, terutama dalam penguasaan bola serta stamina.

Menurut Indra, anak asuhnya mampu mengurangi tingkat kesalahan di setiap pertandingan yang telah dijalaninnya. Hal itulah yang disambut baik oleh pelatih asal Sumatra Barat itu.

"Kami sudah melewati 13 pertandingan tur Nusantara dimana anak-anak mengalami peningkatan. Tapi untuk hasil evaluasi saya belum bisa mengumumkan karena harus kami sampaikan ke BTN (Badan Tim Nasional), nanti biar mereka yang mengumumkan secara detail," jelasnya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (23/3/2014) WIB.

"Level VO2 Max terus meningkat dan sekarang sudah berada di level standar Piala Dunia. Dari segi teknis permainan, passing mereka mulai membaik dengan turunya angka kesalahan jadi 20 persen," ia menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Indra juga belum bisa memastikan apakah ada penambahan atau pengurangan pemain usai tur Nusantara. Ia mengatakan, semuanya masih bisa mungkin terjadi karena proses seleksi terus berlangsung.

"Untuk pemain yang dicoret saya belum bisa memastikan, kita tunggu hasil evaluasi BTN. Saya masih belum bisa memastikan siapa-siapa saja yang akan dibawa atau ditinggal, semua masih punya peluang. Kita lihat saja usaha mereka bagaimana," ia memungkasi.

Timnas U-19 akan tampil pada Kejuaraan Asia U-19 Oktober mendatang. BTN mencanangkan target lolos ke semifinal. Jika berhasil memenuhi target tersebut, Evan Dimas dkk mendapat tiket langsung untuk tampil di Piala Dunia U-20 di Selandia Baru pada tahun berikutnya.[yob]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar