Sabtu, 28 Juni 2014

Timnas U-19 Main Seperti Dikejar Harimau


INILAH, Bandung - Indra Sjafri mengibaratkan anak didiknya seperti diburu oleh binatang buas. Dia salut pada anak didiknya yang berhasil mencetak gol dalam keadaan seperti itu, meski akhirnya dibalas lewat eksekusi tendangan bebas. Namun menurutnya gol penyeimbang PON Jawa Barat tidak lahir dari skema permainan.

“Kami seperti diburu seperti dilepas harimau, cuma kita dipreassure, ya bagus untuk kita, dan dalam keadaan begitu bisa cetak gol, bisa improve, tapi balasan free kick saya mau apa, free kick kan bukan tim,” ujarnya.

Dipaparkan Indra, permainan Jawa Barat tipikal bermain tim negara Oman saat tur Timur Tengah, juga serupa dengan tim PON Jawa Timur. Baginya, ini adalah pelajaran berharga untuk mencari strategi lain guna menghadapi lawan seperti tim PON Jawa Barat ini.

“Memang Jawa Barat cepat menutup mulai dari satu lini, kita dia tutup di situ, ini satu tipikal dengan pra PON Jatim, sama Oman, sama satu lagi saya lupa, ini kan harus kita solusikan, sebagai pelatih kita harus diskusikan bagaimana menghadapi tipe lawan yang begini,” paparnya.

Dalam pertandingan ke-18 kemarin, Indra memiliki banyak evaluasi untuk tim besutannya. Selain beberapa kesalahan passing, dia juga akan melakukan perbaikan di lini belakang Timnas U-19.

“Untuk timnas U-19 apapun kualitas lawan apapun situasinya kita evaluasi, tim juga memberikan laporan ada sedikit penurunan passing ini yang harus jadi evaluasi kita, dan mereka dihadapkan dengan orang yang motivasi tinggi bagaimana tim nasional U-19 bisa dikalahkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Indra menyoroti minimnya animo penonton untuk menyaksikan secara langsung pertandingan Timnas U-19 melawan tim PON Jawa Barat, yang di luar ekspetasi dia sebelumnya.

“Saya mau lapangan di Bandung di sini aja gak penuh, ini kan orang udah ada yang puasa besok, kalau dibanding daerah lain gak ada apa-apanya di sini, kalau Aceh 50 ribu, Pekabaru lebih penuh lagi, dulu dari awal ditawarkan Jabar, tapi Jabarnya gak mau,” ucapnya.

Setelah menghadapi tim PON Jawa Barat, Indra meliburkan Timnas U-19 selama tiga hari, selanjutnya Evan Dimas dkk akan kembali berkumpul pada 1 Juli di Kediri, guna melanjutkan tur Nusantara II melawan Persik Kediri.[ito]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar