Rabu, 28 Mei 2014

Jalannya Pertandingan Timnas Indonesia U-19 Ditahan Imbang Lebanon

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Lebanon U-19 berhasil menahan gempuran Timnas Indonesia U-19 meski harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-80 sehingga uji coba berkahir 0-0, di Stadion Manahan Solo, Rabu (28/5/2014).

Muchlis Hadi dan kawan-kawan dibuat buntu oleh barisan pertahanan Lebanon yang bermain penuh disiplin. Beberapa peluang pun mentah dan beberapa kali membentur tiang. Tim asuhan Indra Sjafri kali ini seakan minim kreasi.

Lebanon U-19 yang menerapkan pressing ketat dengan pertahanan yang cukup terorganisir dan rapat sejak menit pertama membuat Evan Dimas Dkk harus bersabar untuk mencari celah.

Menit ke-15 pemain belakang dari tim tamu sempat kecolongan oleh Ilham Udin yang cepat memotong bola di daerah lawan, tapi sayang determinasi Ilham kandas di pelukan kiper Lebanon, Mostafa Matar.

Lebanon sendiri tidak begitu berbahaya ketika melakukan penetrasi. Barisan tengah Lebanon kebanyakan mengirim umpan langsung menuju striker Philippe Paoli.

Menit ke-30, tendangan bebas Evan Dimas mengarah ke kotak penalti lawan, Muchlis dengan naluri tinggi mencoba menyodorkan bola ke gawang lawan. Sayang, sodoran dari pemain bernomor punggung 10 itu masih digagalkan tiang gawang.

Indonesia mendapat ancaman di menit ke-33. Paoli yang bertindak sebagai striker bermain sedikit ke bawah dan memberi suplai kepada Haabib Shkweikh di sisi kiri. Haabib yang mencoba masuk gagal melepas tembakan dengan sempurna, bola melambung di sisi kanan atas gawang Indonesia.

Menit ke-40 bek tengah Shahrul Kurniawan harus ditandu keluar. Berawal dari kemelut di daerah Indonesia, Shahrul yang coba membuang bola malah menerima tekel keras dari Ghazi Honeine. Mahdi Fahri Alabaar pun masuk, memaksa Putu Gede berduet di jantung pertahanan dengan Hansamu Yama.

Muchlis Hadi mendapat kans emas pada menit ke-42. Manuvernya mengelabui bek lawan, tapi eksekusi Muchlis masih lemah dan gagal menghasilkan angka.

Pada babak kedua beberapa pergantian pun dilakukan Pelatih Indra Sjafri, seperti Zulfiandi dan David Maulana yang dikenal supersub masuk pada menit ke-57. Pun juga dengan Dinan Javier yang masuk menggantikan Muchlis Hadi.

Meski melakukan penyegaran dengan pergantian pemain, tapi pertahanan dari Lebanon benar-benar bekerja keras dengan sangat baik. Dua pemain belakang Khaled Ali dan Khalil Khamis tampil kokoh dan cemerlang melindungi daerah mereka.

Meski kans banyak diciptakan, tapi armada racikan Indra Sjafri harus puas mengakhiri laga dengan skor kaca mata. Waktu tambahan empat menit pun tak menghasilkan apa-apa. (Surya/Wahjoe Harjanto)
Susunan Pemain :

Indonesia U-19 : Awan Setho, Putu Gede, Sahrul Kurniawan, Hansamu Yama, Fatchu Rohman, Muhammad Hargianto, Evan Dimas, Paulo Oktavianus Sitanggang, Maldini, Ilham Udin, Muhclis Hadi Ning.

Lebanon U-19 : Mostafa Matar, Khaled Ali, Khalil Khamis, Hussein Zein, Hassan Kourani, Ghazi Honeine, Mohammad Kdouh, Mohamad Salem, Philippe Paoli, Haabib Shweikh, Ali Karaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar