Kamis, 28 Agustus 2014

EKSKLUSIF: Gavin Kwan Adsit Siap Perkuat Indonesia U-19

 Dan Orlowitz

Goal.com - Gelandang muda Gavin Kwan Adsit mengungkapkan, ia siap memperkuat tim nasional Indonesia U-19 di Piala Asia 2014 yang berlangsung di Myanmar pada Oktober, dan berharap Garuda Jaya lolos ke Piala Dunia U-20.

Gavin saat ini menjalani trial di salah satu klub Liga Utama Jepang (J-League) FC Tokyo. Menurut Gavin, trial di klub peringkat lima klasemen sementara musim ini merupakan kesempatan yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

Kendati demikian, Gavin tidak menutup kemungkinan dirinya memperkuat timnas U-19 di Myanmar. Pemain berusia 18 tahun itu menyatakan sudah siap bila dipanggil badan tim nasional (BTN).

“Saya tertarik [memperkuat timnas U-19], tapi saya belum dihubungi. Jika mereka tak menghubungi saya, maka saya akan mencari klub yang tepat untuk mengembangkan kemampuan. Saya kira itu target utama saya. Saya ingin bermain untuk tim nasional, mungkin timnas U-23, atau senior. Jika timnas U-19 memanggil saya, saya akan mempertimbangkannya,” tutur Gavin kepada asisten editor Goal Jepang dan Asia Dan Orlowitz.

“Saya berharap mereka lolos [ke Piala Dunia U-20], dan semoga mereka sukses. Saya merasa saya ingin menjadi bagian tim ini, tapi saya sudah membuat keputusan tahun lalu untuk lebih dulu mendapatkan klub. Saya berharap dipanggil lagi.”

Gavin kembali mengungkapkan alasannya tidak bergabung dengan timnas U-19 tahun lalu. Ia juga menampik penolakan itu membuat hubungannya dengan pelatih Indra Sjafrie merenggang.

“Saya sempat mengikuti pemusatan latihan, tapi saya akhirnya memutuskan ke Eropa, karena saya berpikir itu kesempatan saya. Untuk saat ini, saya ingin mencari klub bagus di mana saya bisa mengembangkan kemampuan. Saya berharap [di FC Tokyo], karena saya melihat itu klub yang tepat untuk saya. Saya juga berharap bermain untuk tim nasional,” papar Gavin.

“Menurut saya, media telah membuat semuanya menjadi lebih buruk dibandingkan kenyataannya. Media membicarakan banyak hal. Tapi saya dan pelatih tetap menjalin komunikasi. Untuk saat ini, dia sudah punya pemain yang dia butuhkan.”
 
Gavin menilai timnas U-19 saat ini sudah bagus, dan begitu juga dengan pemain baru yang dipanggil memperkuat Garuda Jaya. Hanya saja, ia menilai pemain baru ini perlu meningkatkan kecepatan.

“Mereka bagus. Mereka punya kerja sama tim yang bagus, karena telah bermain bersama dalam jangka waktu yang lama. Saya bermain bersama sejak timnas U-16, dan pemainnya tidak banyak berubah,” kata Gavin.

“Ada beberapa pemain baru yang sangat bagus, dan berkualitas. Tapi menurut saya, mereka perlu meningkatkan kecepatan. Kebugaran mereka cukup bagus. Tapi saya ingin melihat mereka bermain dengan level [seperti FC Tokyo]. Sulit jika mempertahankan permainan dengan kecepatan seperti itu.”

Gavin juga menyatakan, rekan-rekannya di timnas U-19 patut mencoba berkarir di luar Indonesia, dan Jepang bisa menjadi salah satu opsi. Menurut Gavin, pemain timnas U-19 memiliki potensi untuk bermain di Jepang.

“Mungkin saja mereka bisa. Tapi seperti halnya saya, mungkin akan berat untuk masuk ke level senior. Sungguh berat untuk para pemain yang terbiasa dengan cara bermain di Indonesia untuk bertahan,” ujar Gavin.

“Tentu saja, menurut saya, tantangan besar adalah beradaptasi dengan makanan dan bahasa. Saya pikir tidak banyak di antara mereka yang bisa berbicara dengan bahasa Inggris. Namun mereka punya potensi, dan mereka sangat bagus.”
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar