Minggu, 27 Juli 2014

Sejak 2002, Indonesia Hanya Sekali Juara di HBT

Sportsatu.com - Penyelenggaraan Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) pada 2014 merupakan edisi kelima. Indonesia yang diwakili timnas U-19 berada di Grup B bersama Vietnam, Singapura, Malaysia, Kamboja, dan tuan rumah Brunei.

Sementara Grup A diisi Myanmar, Thailand, Laos, Timor Leste, dan Filipina.
Di empat edisi sebelumnya, Indonesia tercatat hanya sekali menjadi juara. Itu terjadi pada 2002, yang menjadi edisi pertama penyelenggaraan HBT.

Indonesia menjadi juara setelah mengalahkan Thailand 2-0 di final setelah sebelumnya menundukkan Malaysia dengan skor tipis 1-0 di semifinal.

Indonesia setelah itu puasa gelar. Pada edisi kedua, yang digelar 2005, Thailand meraih titel juara usai menundukkan Myanmar dengan skor telak 3-0.

Indonesia tak ambil bagian pada edisi 2007 bersama Laos, sementara Thailand lagi-lagi menjadi juara setelah menang 5-4 di adu penalti.

HBT tak bisa diselenggarakan pada 2009. Ini menyusul suspensi yang diberikan FIFA pada September 2009. Suspensi diberi akibat intervensi pemerintah, yang membentuk federasi sepak bola Brunei baru.

Indonesia kembali harus gigit jari di penyelenggaraan HBT 2012 atau setelah suspensi dicabut FIFA menyusul kekalahan 0-2 dari tuan rumah Brunei.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar