Kamis, 24 Juli 2014

Keikutsertaan Timnas U-19 di Turnamen Persiapan AFF Jadi Tanda Tanya


Sportsatu.com - Keikutsertaan tim nasional U-19 Indonesia di turnamen persiapan buatan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) menjadi tanda tanya. Turnamen itu rencananya digelar di Hanoi, Vietnam, 5-13 September 2014.

Berdasarkan hasil undian, Indonesia tergabung di Grup A bersama Myanmar U-19 dan Thailand U-19. Sementara sang tuan rumah Vietnam tergabung di Grup B bersama Jepang dan Australia.

Abu-abunya rencana pengikutsertaan tak lepas adanya keinginan PSSI untuk tetap mengirim timnas U-19 ke Eropa. Rencana itu disampaikan Sekjen PSSI, Joko Driyono, setelah sebelumnya memastikan bahwa skuad Garuda Jaya urung ambil bagian di turnamen internasional COTIF di Valencia, 10-20 Agustus.

Indonesia U-19 akhirnya diputuskan untuk dikirim ke turnamen Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2014 yang digelar di Brunei, 9-23 Agustus. Rencana pengiriman timnas U-19 ke Eropa setelah berkiprah lebih dulu di HBT.

“Saya pikir ada waktu yang masih memungkinkan, timnas U-19 ke Eropa. Soal turnamen AFF, kami masih memikirkan. Indra Sjafri sebelumnya juga merasa bahwa turnamen itu tidak ideal,” kata Sekjen PSSI, Joko Driyono saat ditemui SportSatu.

Indra Sjafri sebelumnya merasa bahwa penyelenggaran turnamen persiapan AFF terlalu mepet dengan Piala Asia U-19 di Myanmar, yang akan berlangsung 9-23 Oktober 2014.
Pelatih asal Sumatera Barat itu punya ketakutan pemain mencapai puncak performa di turnamen tersebut dan turun ketika melakoni laga di ajang se-Asia untuk usia di bawah 19 tahun.
“Jepang juga akan ikut serta. Tapi, kita tidak tahu menurunkan tim apa. Bisa saja tim abal-abal mengingat tim utama akan berkiprah di Piala Asia U-19,” terang Jokdri. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar