Kamis, 24 Juli 2014

Indra Sjafri Tak Tahu Timnas U-19 Batal ke Spanyol

antara foto

Suarapembaruan.com - Jakarta, Tim nasional (Timnas) Indonesia U-19 dipastikan batal berangkat ke Spanyol guna mengikuti turnamen internasional COTIF di Valencia, Spanyol pada 10-20 Agustus.

Sebagai gantinya, skuat Garuda Jaya diplot mengikuti Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) di Brunei Darussalam, 9-23 Agustus 2014.

Keputusan itu diambil setelah PSSI menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) di Jakarta, Rabu (23/7) malam. Namun, kebijakan itu ternyata belum dikomunikasikan kepada jajaran pelatih Timnas U-19.

Hal itu terungkap dari pernyataan arsitek Timnas U-19, Indra Sjafri, yang mengaku tidak mengetahui perihal pembatalan skuatnya menuju Negeri Matador itu.

"Saya belum mengetahui adanya pembatalan itu. Mungkin besok (hari ini) saya akan tahu jelasnya bagaimana (keputusannya)," ujar Indra melalui pesan singkat kepada SP, kemarin malam.

Keikutsertaan Timnas U-19 di COTIF sejatinya telah dipastikan sejak jauh-jauh hari oleh PSSI. Evan Dimas cs juga telah menyiapkan diri, salah satunya dengan melakukan simulasi pertandingan 2x35 menit saat melakoni Tur Nusantara II.

Di lain pihak, Sekjen PSSI Joko Driyono, mangatakan pihaknya telah menerima proposal dari Badan Tim Nasional (BTN) terkait perubahan rencana tersebut.

Ia berdalih HBT lebih bermanfaat bagi Timnas U-19 dalam persiapan menuju Piala Asia U-19 di Myanmar, Oktober mendatang.

"Selain lima laga, pertandingan di HBT dilangsungkan 2x45 menit, sementara di COTIF hanya 2x35 menit. HBT sendiri akan diikuti timnas dari negara-negara Asia Tenggara, adapun COTIF gado-gado karena selain timnas juga ada klubnya," ucap Joko.

PSSI sebelumnya telah menyatakan tidak akan mengirimkan wakilnya ke Brunei itu. Meski demikian, turnamen untuk tim U-21 itu sudah melaksanakan drawing dan menempatkan Indonesia berada di Grup B bersama tuan rumah Brunei, Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Sementara Grup A diisi Laos, Myanmar, Filipina, Timor Leste, dan Thailand.

Untuk menggantikan Timnas U-19 di COTIF, BTN mengirimkan Timnas U-21 yang dilatih oleh Rudi William Keltjes yang juga menjabat sebagai technical advisor di BTN.

Di Spanyol, Timnas U-21 akan berada di grup A bersama Argentina U-20, Mauritania U-20, Barcelona U-20, dan Arab Saudi U-20. Sementara, di group B akan ditempati Brasil U-20, Tiongkok U-20, Ekuador U-20, Qatar U-20, dan Valencia U-20. [H-16/L-8]

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar