Rabu, 30 April 2014

Indra Sjafri belum Puas dengan Lini Depan Timnas U-19




Metrotvnews.com, Tangerang: Meski timnas U-19 tidak pernah absen mencetak gol hampir di setiap laga uji coba, pelatih Indra Sjafri belum puas dengan ketajaman lini depan anak-anak asuhannya.

Ia pun makin intensif menyiapkan tim untuk menambal kekurangan itu sebelum Piala Asia 2014 di Myanmar, Oktober mendatang.

Dalam 18 kali uji coba, 13 di tur Nusantara dan lima di tur Timur Tengah, Evan Dimas dkk hanya gagal menyarangkan gol saat dijamu Mitra Kukar.

Bahkan saat dikalahkan Oman dalam partai perdana tur Timur Tengah, timnas mampu menyarangkan satu gol meski kebobolan dua kali.

Meskipun demikian, lini depan belum sebanding dengan lamanya penguasaan bola mereka. Juru taktik asal Sumatra Barat itu berharap penguasaan bola mereka sebanding dengan ketajaman di lini depan.

“Kami memang cukup baik dalam penguasaan bola, tapi kami ingin itu lebih konstruktif dan efektif,“ jelas Indra dalam sesi latihan hari kedua timmas U-19 di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Tangerang, Selasa (29/4).

Berdasarkan catatan tim pelatih, timnas U-19 rata-rata melakukan 600 sentuhan dalam setiap laga uji coba. Namun, tingkat kesalahan umpan ke jantung pertahanan lawan masih mencapai 20% dan itu masih tinggi.

Efektivitas, lanjut Indra, merupakan masalah utama yang dihadapi `Garuda Muda'. Itu terlihat pula pada laga uji coba kedua kontra Uni Emirat Arab yang juga akan menjadi calon lawan di Grup B Piala Asia mendatang.

Dalam partai yang dilangsungkan di Dubai tersebut, timnas hanya menang 2-1 meski bermain melawan sembilan pemain.

Emosi para remaja `Merah Putih' itu juga kerap terpancing sehingga dikhawatirkan berlanjut hingga Piala Asia 2014.

Untuk itu, Indra meminta anak-anak asuhnya belajar dari laga-laga uji coba yang telah dijalani dan lebih mempersiapkan diri lagi di partai berikutnya. Apalagi, dalam rangkaian uji coba mendatang lawan yang akan dihadapi juga semakin sulit.

“Kami sudah memasuki tahap yang mengharuskan para pemain belajar dari sesi-sesi latihan sebelumnya, juga uji coba,“ imbuh Indra.

Pada Senin (5/5), `Garuda Muda' akan ditantang Myanmar dalam uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Setelah itu, giliran Liverpool U-18 yang akan menjajal kekuatan timnas U-19, 20 hari kemudian, sebelum bertolak ke Spanyol pada Agustus. (Asni Harismi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar