Sabtu, 20 September 2014

Indra Sjafri Suka Dengan Fokus Pengembangan Usia Muda Di Eropa

Goal.com - Setelah beberapa hari di Spanyol dan menjajal dua tim asal Negeri Matador, yakni Atletico Madrid B dan Valencia B, pelatih Indonesia U-19 Indra Sjafri mulai jeli dengan bagaimana fokus pengembangan tim usia muda di Spanyol.

Ia pun mengadakan pertemuan dengan pelatih Atletico B, Oscar Mena, yang melontarkan pujian untuk potensi yang dimiliki tim Garuda Jaya. Berbekal pengalamannya itu, Indra memaparkan pengamatannya. Pria asal Sumatera Barat menilai bahwa taktik paten dari tim jadi fokus utama level junior di Eropa, dan mempelajari permainan lawan tak dikedepankan.

"Tim-tim Eropa bermain untuk mengembangkan taktik mereka. Mereka tak mau memikirkan antisipasi taktik lawan. Kalau mencetak gol, itu adalah bonus pengembangan taktik, itu yang saya lihat perbedaannya saat melawan tim-tim di luar Eropa," ulas Indra.

Indra yang mengaku Indonesia U-19 punya gaya main PePePa, alias Pendek Pendek Panjang, menyebut bahwa tim junior daratan Eropa dan Asia punya fokus utama yang berbeda. Umumnya di Asia dan Indonesia pengembangan taktik semacam pakem tim, bukan jadi hal utama. Meski hal itu dinilai jadi yang terpenting. "Tentu, ini tidak berlaku untuk tim senior," tambah Indra.

Indonesia sendiri masih menyisakan dua lawan lagi di Spanyol. Setelah kalah dari Atletico B dan menahan imbang Valencia B, selanjutnya Hargianto cs akan menghadapi Barcelona B (25/9) kemudian Real Madrid C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar