Kamis, 20 Februari 2014

Timnas U-19 Bakal Jajal Jepang dan Selandia Baru

 
 Antara Foto
VIVAbola - Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan melakoni tiga pertandingan uji coba melawan tim mancanegara pada Mei 2014. Jepang, Myanmar dan Selandia Baru menjadi lawan yang dipilih oleh Badan Tim Nasional (BTN) untuk menjajal kekuatan Garuda Jaya.

Jepang, Myanmar dan Selandia Baru akan diundang ke Indonesia untuk menghadapi anak-anak asuhan Indra Sjafri. Dipilihnya tiga negara tersebut oleh BTN bukan tanpa alasan, sebab mereka dinilai akan menjadi lawan yang bisa memberi pelajaran berharga bagi Timnas U-19.

Myanmar akan menjadi tuan rumah Piala Asia U-19 pada Oktober 2014, sementara Selandia Baru merupakan tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2015. Kehadiran Jepang, Selandia Baru, dan Myanmar di Tanah Air disiapkan BTN sebagai Road To AFC Cup U-19 2014 Myanmar.

"Alasan memilih Myanmar, karena mereka tuan rumah Piala AFC U-19 2014, sedangkan Selandia Baru dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2015. Untuk Jepang, mereka jadi salah satu ukuran kekuatan sepakbola Asia saat ini," terang sekretaris BTN, Sefdin Saefuddin kepada VIVAbola, Selasa 18 Februari 2014.

Sebelumnya, BTN juga telah menjadwalkan Tur Nusantara dan Tur Timur Tengah untuk Timnas U-19. Dalam Tur Nusantara yang berlangsung pada 3 Februari-17 Maret 2014, 13 pertandingan harus dijalani Evan Dimas dan kawan-kawan di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan.

Sementara itu, untuk Tur Timur Tengah yang digelar pada akhir Maret sampai awal April, empat negara dijadwalkan bakal bertemu dengan Timnas U-19. Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, Oman, dan kemungkinan Bahrain. Tur Timur Tengah juga dibarengi dengan ibadah umroh yang dijalani oleh tim asuhan Indra Sjafri.

"Setelah pulang ke Indonesia dari Tur Timur Tengah, akan ada pelatnas dan evaluasi. Memasuki Mei 2014, uji coba internasional lawan Jepang, Myanmar, dan Selandia Baru sudah menunggu," ungkapnya.

Untuk lokasi pertandingan uji coba internasional yang dilakoni Timnas U-19, BTN belum bisa memastikannya. Menurut Sefdin, soal pemilihan venue akan dilihat dari situasi terkini di Indonesia.

Selain itu, Sefdin juga menjelaskan bahwa format pertandingan dengan Jepang, Myanmar, dan Selandia Baru bukan turnamen. Ketiga negara itu dijadwalkan bertanding dengan Garuda Jaya dalam waktu yang berbeda.

"Mainnya bisa di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, atau mana pun. Bentuknya pertandingan persahabatan saja. Mereka tidak datang bersamaan," ujar dia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar