Jumat, 28 Februari 2014

Indra Sjafri Benahi Kelemahan Timnas U19 di Batu


TEMPO.CO, Batu - Tim nasional sepak bola di bawah usia 19 tahun, Timnas U19, menantang Persikoba di Stadion Gelora Brantas, Batu, Jawa Timur, Jumat malam, 28 Februari 2014. Meskipun belum terkalahkan di delapan pertandingan uji coba, pelatih Timnas U19, Indra Sjafri, mengakui pasukannya memiliki lubang di lini belakang.

"Kami akan perbaiki kelemahan-kelemahan yang ada. Satu di antaranya dalam antisipasi serangan dari umpan silang," katanya kepada wartawan. Di laga terakhir, Timnas U19 kebobolan dua kali akibat kegagalan menghalau bola udara. Untungnya kapten Evan Dimas membangkitkan timnya dari ketertinggalan lewat hattrick plus tambahan gol dari penyerang Muchlis Hadi Ning sehingga Garuda Jaya menang 4-2 atas Persebaya U21 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin lalu.

"Pemain bertahan kami masih kurang cekatan," kata Indra, 51 tahun. Pelatih asal Lubuk Nyiur, Sumatera Barat, itu kerap mengandalkan Sahrul Kurniawan dan Hansamu Yama Pranata di jantung pertahanan. Mereka ditopang dua bek sayap, yaitu Putu Gede di kanan dan Fatchurohman di kiri. Di beberapa kesempatan, termasuk saat melawan Persebaya, Indra memasukkan bek jangkung, Ryuji Utomo. "Nanti malam kita lihat bersama apakah perbaikan itu sudah tampak atau belum."

Lini pertahanan bukan satu-satunya kelemahan Timnas U19. Pelatih Persikoba Samsul Riyadi menilai Garuda Jaya terlalu bergantung pada Evan Dimas. Akibatnya, skema permainan jadi luntur begitu pengatur serangan tersebut tidak main. Yusuf Ekodono, pelatih Persebaya U21 dan mantan pemain timnas, mengatakan Timnas U19 kurang ngotot dalam menekan lawan.

Menjelang laga melawan Persikoba, Indra Sjafri tidak menempatkan pasukannya di Batu--kota yang jadi rumah mereka selama masa pemusatan latihan, November sampai Januari lalu. Mereka berdiam di Sidoarjo dengan alasan efisiensi setelah pertandingan versus Persebaya. Jarak antara kota itu dan Batu sekitar 80 kilometer.

Timnas U19 memiliki 13 pertandingan dalam rangkaian Tur Nusantara sebagai persiapan Piala Asia U19 di Myanmar, Oktober mendatang. Senin nanti, Indra Sjafri dan anak-anak asuhnya menantang Persewangi di Stadion Diponegoro, Banyuwangi. Lalu mereka beranjak ke Kalimantan untuk menghadapi Persiba Balikpapan.

ABDI PURMONO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar