Jumat, 28 Februari 2014

Persikoba Akan Bongkar Kelemahan Timnas U19

TEMPO.CO, Batu - Persatuan Sepak Bola Indonesia Kota Batu, Persikoba, bertekad membongkar kelemahan tim nasional sepak bola di bawah usia 19 tahun, Timnas U19. Kedua tim bertarung di Stadion Gelora Brantas, Batu, Jawa Timur, Jumat malam, 28 Februari 2014.

"Kami akan tampil dengan semangat juang tinggi agar Timnas U19 menyadari kelemahan mereka," kata Samsul Riyadi, pelatih Persikoba. Mantan pelatih PS Djagung, klub amatir jawara di Malang itu, menilai Timnas U19 terlalu bergantung pada kapten sekaligus pengatur serangan mereka, Evan Dimas.

Penilaian Samsul tidak bisa dianggap remeh. Pelatih di Aji Santoso International Football Academy, Malang, ini memantau Timnas U19 sejak pelatih Indra Sjafri memilih Batu sebagai tempat pemusatan latihan antara November sampai Januari lalu. Samsul juga tidak melewatkan Tur Nusantara Garuda Jaya di televisi. Evan Dimas cs melakoni delapan laga tanpa kalah.

"Kemampuan mereka memang jauh di atas pemain kami," ujarnya. Namun, dia berjanji mempersulit Timnas U19 dengan memotong aliran bola sebelum mencapai zona pertahanan Persikoba. "Lini tengah mereka sangat dominan."

Untuk mengimbangi agresivitas lini tengah Timnas U-19, Samsul mengusung formasi 4-4-2. Secara teori, mereka memiliki keunggulan jumlah pemain tengah, ketimbang Garuda Jaya yang biasanya menggunakan skema 4-3-3. "Kami akan mempersempit ruang gerak mereka," kata Samsul.

Dia yakin semangat pasukannya akan terpecut saat menghadapi juara Asia Tenggara itu. "Tidak semua pemain amatir memiliki kesempatan seperti kami," ujar Samsul. Terdiri atas gabungan pemain senior dan muda, dia baru membentuk timnya dua pekan lalu.

Pertandingan yang bisa disaksikan secara gratis di Stadion Brantas--namun tidak disiarkan televisi--itu menjadi ajang persiapan Persikoba yang akan berlaga di Liga Amatir Divisi I Nasional. "Kami juga ingin membantu persiapan Timnas U19," kata Samsul.

Garuda Muda akan berlaga di Piala Asia U19 di Myanmar, Oktober mendatang. Mereka memiliki 13 pertandingan di Tur Nusantara. Dari Batu, mereka ke Banyuwangi, untuk menghadapi Persewangi Banyuwangi, Senin mendatang.

ABDI PURMONO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar