Kamis, 30 Januari 2014

Hal Terpenting Bagi Pemain di Mata Indra Sjafri


INILAH.COM, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri membeberkan hal terpenting yang harus dimiliki oleh pemain sepak bola. Apa itu?
Indra dan anak asuhnya baru saja menyelesaikan pemusatan latihan tahap pertama di Batu, Jawa Timur. Pemusatan itu dilakukan sejak tanggal 9 November 2013 hingga 5 Januari 2014.
Setelah menyelesaikan pemusatan latihan tahap pertama, pria berusia 50 tahun itu membeberkan hal-hal terpenting yang wajib dimiliki pesepak bola. Hal yang dimaksud oleh sang pelatih adalah kekuatan, kecepatan serta stamina.
Menurut Indra, ketiga faktor tersebut menuntut kadar VO2 Max yang tinggi. VO2 Max merupakan volume maksimal oksigen yang diserap oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif.
"Jangan salah kaprah VO2 Max itu hanya basic dari kondisi daya tahan. Setelah itu siap dan bagus, baru ditingkatkan ke daya tahan kekuatan serta daya tahan kecepatan. Di sepakbola bola, bukan hanya daya tahan saja yang penting, tapi kecepatan. Hal yang sangat penting di sepakbola itu stamina, tapi stamina itu akan muncul kalau daya tahannya kuat," kata Indra. Sjafri
Selain hal itu, pelatih asal Sumatera Barat itu menjelaskan kalau taktikal dan mental para pemain juga harus bagus saat melakukan sebuah pertandingan.
"Banyak faktor lain lagi yang harus kita siapkan. Tapi bukan itu saja yang kita butuhkan di sepak bola, komponen lain juga perlu. Kalau daya tahan saja yang bagus nanti jadi tukang kuli bangunan, pelari cepat atau lari jauh," tutur dia.
Lebih lanjut, Indra juga memberikan contoh mengenai tingkat level VO2 Max Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan. Menurutnya level VO2 Max anak asuhnya itu sudah meningkat pesat. Sebelum melakukan pemusatan latihan di Batu, level VO2 Max Timnas U-19 hanya 50-55. Kini semua pemainnya sudah melewati batas yang ditargetkan.
"Pencapaian anak-anak sungguh luar biasa. Mereka naik empat sampai lima digit. Itu kenaikan yang menggembirakan. Dengan peningkatan itu, pondasi kami sudah sangat kuat," dia menjelaskan.
"Ada yang 65, 64, 63, 62 ada juga 58. Di atas 55 semua. Saya tidak perlu sebutkan siapa tertinggi," mantan pemain PSP Padang itu memungkasi.
Saat ini, Timnas U-19 sedang berada di Yogyakarta. Mereka akan melakukan tahap kedua, yakni fase spesifik atau pematangan taktik dan strategi. Di fase kedua ini, hanya diikuti oleh 29 pemain.[yob]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar